Dasar CSS

halo semua nya bertemu kembali dengan saya di bagus1922.blogspot.com . sebelumnya saya sudah memposting tentang pengertian CSS ya , maka pada kesempatan kali ini saya akan memposting bagaimana penerapan CSS itu sendiri . belajar CSS itu tidak ada matinya , mengapa saya katakan demikian ? ya karena CSS itu seni tidak akan ada habis nya , kreatifitas kita yang diperlukan .

pada hari ini saya akan membahas dasar CSS, yaitu meliputi cara penulisan CSS dll.  oke langsung saja ya kita mulai . 

  • ATURAN PENULISAN CSS

Penulisan di CSS itu ada aturan nya , tidak asal ketik. karena tidak akan jadi nanti hasil nya . contoh penulisan nya seperti ini :


  •   KOMENTAR DI CSS

•Komentar adalah suatu bagian dalam kode yang diperlakukan bukan sebagai kode, melainkan    berfungsi sebagai keterangan bagi pembaca kode.
•Pada dokumen HTML, komentar diawali dengan <!--dan diakhiri dengan -->.
•Adapun pada CSS, komentar ditulis dengan awalan /* dan diakhiri */
 

Sintak Penulisannya:

 /*
Isi komentar
*/

  • CARA MENGGUNAKAN CSS

Nah seperti sebelumnya saya jelaskan , cara penulisan CSS itu ada 3. masih ingat semua kan sobat ? yaitu:


1.Embedded Style Sheet

•Embedded Style Sheetadalah cara penulisan kode dimana penulisan CSS dilakukan pada tag HTML, yaitu pada tag <style> ... </style> dan sebelum tag <body>.
•Pada tag tersebut akan disisipkan kode CSS yang akan digunakan oleh tag HTML.
 

•Sintak Penulisannya:

<style type="text/css">
<!—Atribut CSS -->
</style>

2.Inline style Sheet

•Inline Style Sheet adalah cara penggunaan CSS langsung pada tag HTML yang di butuhkan saja. Cari ini dilakukan umumnya dikarenakan hanya sedikit properti yang dibutuhkan.
 

•Sintak Penulisannya:
<tag HTML style="Properti:value/nilai"> ... </tag HTML>

3.linked style sheet

•Linked Style Sheet adalah cara yang dianjurkan untuk menggunakan kode css dengan HTML. Metode ini merupakan cara pengerjaan dimana antara kode css dan HTML di pisahkan.
•Untuk menggunakan kode css yang telah dipisahkan ini, maka dalam kode html dibuat skrip yang isinya adalah memanggil file css tersebut untuk digunakan dalam kode html.
 

•Sintak Penulisannya: 

 <link rel="stylesheet" type="text/css" href="namafile.css" >


 nah bagaimana sobat ? mudeng ? semoga sobat mengerti hehe . dipahami dulu saja , santai dulu sobat . tenang saja kalau sobat belum mengerti besok saya akan buatkan contoh dari masing-masing cara penulisan CSS . jadi selalu ikuti blog saya ya . by by

0 Response to "Dasar CSS"

Post a Comment